catatan sunyi


Ba’da subuh
Pagi yang basah..

          hari ini aku ingin menulismu lagi ry.. maaf sekali kalau sebelumnya aku tidak pernah  menulis dan mencurahkan isi hatiku padamu. Tapi aku benar-benar sangat sibuk dengan kehidupanku sekarang.
Kau tahu aku sangat suka menulis. Menulis apa saja, meskipun tulisanku buruk. Tapi aku dianjurkan oleh guruku untuk menulis apa saja. Agar mereka bisa mengerti apa yang kita rasakan. Ya.. kami memang berbeda ry.. dan aku tidak ingin perbedaanku menjadi halangan untuku dan yang lainnya.

     Ketika matahari di atas kepala…
Hufffhhht… panas banget ya ry.. cuaca di kota jakarta memang lagi enggak menentu sekarang. Kata kakakku itu disebut musim pancaroba. Cuaca selalu berganti, kadang panas sekali. Kadang hujan,terkadang juga badai. Aku sedang berada di jembatan sekarang. Aku ingin menceritakan apa yang kulakukan hari ini padamu.
    Tadi pagi kami membuat kerajinan tangan dari rotan ry..aku membuat  tas dan dompet. Itu sangat mudah kulakukan. Karna aku hanya butuh tali rotan dan benang wol untuk hiasannya.
Aku tidak tahu kenapa aku bisa melakukan apapun. Kata guruku aku mempunyai kelebihan dibalik kekuranganku. Bahkan aku jago masak lho. Kata kak raka. Kakak pertamaku masakanku lebih enak dari masakan mamah!! Hehehhehe..
Apa kau tahu ry? Keadaanku memang berbeda dari semua keluargaku. Bahkan aku berbeda dari orang lain. Aku memiliki kecacatan yang yang pasti semua orang tidak ingin memilikinya. Usiaku hampir 17 tahun ry, dan aku menjalani hari-hariku dalam kesunyian… Kau benar ry. Aku tuna rungu dan bisu, tuli berat sejak lahir. Sehingga aku tidak pernah bisa mengerti apa yang orang katakan.
Aku anak bungsu dari 3 bersaudara. Kalau dipikir-pikir. Aku adalah anak yang paling ditunggu . apalagi kedua kakakku itu cowok. Dan papahku ingin mempunyai anak perempuan. Papahku sangat menantikan kelahiranku. Apalagi ketika lahir aku, papah sangat senang sekali.
Aku tidak tahu apakah pas kelahiranku aku menangis atau tidak, yang jelas, keluargaku baru mengetahui  kekuranganku setelah sampai aku berumur 2 tahun aku belum bisa berbicara sama sekali. Kesedihan semakin mendalam ketika papah mencoba berteriak keras-keras padaku dan aku tidak meresponnya . Mereka baru sadar kalau aku tuli dan bisu. Kenyataan itu sangat membuat shock keluargaku. Terutama mamahku. Ya..mana ada seorang ibu yang mau mempunyai anak yang cacat?

          Menjelang senja..
Tadi aku ke pasar senen untuk membeli kamus ry.. aku sekarang berada di jembatan saat aku menulis . aku bukan membeli kamus bahasa inggris ry. Tapi kamus bahasa isyarat. Kamus ini di modifikasi dari America sign language dictionary atau lebih dikenal  dengan AMESLAN.ameslan termasuk bahasa isyarat yang dipakai seluruh penduduk dunia yang memiliki keadaan sepertiku.trus setelah aku membeli kamus aku pergi ke masjid untuk melaksanakan  shalat ashar. Kata kakak pertamaku. Shalat adalah satu-satunya jalan komunikasi kita terhadap tuhan ry.. tuhan mengerti semua bahasa hambanya. Dan itu juga bisa jadi obat untukku ry.. disaatku sedang merasa kesepian.
 O ya.. ketika aku berada di dalam bis untuk pulang kerumah. Aku bertemu seorang pengamen. Dan tau ga ry? Ternyata pengamen itu mempunyai kekurangan yang sama denganku. Aku baru mengetahuinya ketika dia emakai bahasa isyarat ketika gadis itu ditanya oleh ibu-ibu yang heran padanya. Mungkin tadi pengamen itu menyanyi dengan suara “aneh” ya ry..

             Malam berbintang..
 Aku sangat senang sekali menatap bintang-bintang dimalam hari ry. Bintang-bintang itu seperti teman kecil untukku, Aku sedang berada di atas rumahku sekarang. Entah sejak kapan aku menyukai benda-benda alam semesta. Aku bahkan pernah bermimpi untuk menjadi seorang astronomi. Tapi aku tahu itu tidak akan pernah mungkin terjadi.mana ada seorang cacat sepertiku bisa menjadi  seorang astronomi? Rasanya itu tidak akan pernah terjadi..
Tahu ga ry? tadi aku sangat sedih. Kak rega.. kakak keduaku, aku tidak tahu apa yang telah kulakukan sehingga dia sangat membenciku. Tadi aku dimaki-maki dia.. aku benar-benar sangat sedih..
Ry.. kadang-kadang.. aku ingin sekali menghilang dari kehidupanku sekarang.. hidupku sangat sunyi ry..apalagi ketika mereka menjauhiku atau merasa berbeda denganku. Aku ingin menjadi mereka.. aku tidak ingin dibedakan dengan yang lain, pernah sesekali aku mencoba mengakhiri hidupku. Tapi semua itu gagal karna keluargaku menghalangiku..mereka tidak ingin kehilanganku?? Atau mereka tidak ingin semua orang tahu kalau aku di telantarkan? Mereka benar-benar jahat ry!! Aku benci mereka!! Mereka tidak tahu apa yang aku mau!! aku ingin terbang untuk mencapai apa yang kumau!! tapi aku rasa.. itu hanya sebuah mimpi yang terlalu jauh untukku.
          
 Fajar menjelang..
Bangun tidur kurasakan kecupan dikeningku. Aku masih setengah sadar saat aku melihat semua keluargaku berkumpul di  kamarku.aku masih bingung apa yang mereka lakukan, bahkan kak rega, kakak keduaku yang selalu membenciku ada di situ. Dan aku lebih tidak menyangka..mereka disini untuk ngasih surprise ulang tahunku!! Bahkan  Kak rega memberiku hadiah. Dan dia meminta maaf atas semua kelakuan yang dia lakukan padaku.
Aku benar-benar terharu melihat semua ini..bahkan aku menangis di hadapan mereka.. perasaan kesendirianku telah berubah sekarang. Kau tahu diary? Aku menyadari kalau hari-hariku sangat sepi dan  sendiri. Tapi aku tidak menyadari kalau mereka selalu ada disini..bersamaku..
Aku benar-benar bahagia ry.. kekurangan yang kumiliki ternyata tidak mengurangi kebahagianku. Kau benar ry. Tuhan memang adil. Memang tuhan memberikanku kecacatan dan kekurangan. Tapi tuhan memberikan keluarga yang sangat baik untukku dan selalu ada saat aku sendiri.. ^-^




The end


V  evilyz drace

0 comments:

Posting Komentar

About this blog

Mengenai Saya

Foto saya
move on last life. more better. NO CYNIC NO LIFE ! I’m not beauty . Caring, only if I like you. I Would Use My Last Breat if you want me to stay, just hold my hand, if you're won't me.just leave me now.and don't waste my time

the public enemy